Wednesday, March 26, 2014

Que Sera Sera

When I was just a little girl
I asked my mother what I will be
Will I be pretty? Will I be rich?
Here's what she said to me
Que sera sera
Whatever will be will be
The future's not ours to see
Que sera sera
When I was just a little boy
I asked my mother what I will be
Will I be handsome? Will I be rich?
Here's what she said to me
Que sera sera
Whatever will be will be
The future's not ours to see
Que sera sera
What will be will be
Lirik di atas adalah lagu lawas populer, Que Sera Sera. Saya tak tahu pasti siapa yang menyanyikannya pertama kali, siapa penciptanya, dan kapan diciptakan. Dan, saya sedang tak ingin 'googling'.
Kenapa saya bisa hapal lagunya? Karena saat kakak saya melahirkan anak pertamanya, dia sering mendengarkan lagu ini pada bayinya. Sejak itu, saya pun juga jadi sering mendengar lagu ini. Lama kelamaan saya bisa menyanyikannya, hapal liriknya. Entah siapa penyanyinya, saya tak begitu perhatikan. Judul lagu ini pula yang akhirnya menjadi inspirasi saya menulis sebuah cerpen. Bukan cerpen terbaik saya, tapi lumayanlah, salah satu yang masuk dalam buku kumpulan cerpen pertama saya.
Que Sera Sera. What will be will be. Apa pun yang terjadi, terjadilah.
Bagi yang beriman pada Tuhan, mungkin bisa memahami kalimat di atas sebagai berserah. Tapi, kalau dibaca lagi lirik keseluruhannya, artinya berubah menjadi pasrah. Hmm, menurut saya sih gitu. Perhatikan saja ketika si anak bertanya apakah ia akan kaya, si ibu malah menjawab, "Apa pun yang terjadi, terjadilah. Kita nggak bisa lihat masa depan, Nak." Kira-kira begitu. Kira-kira, ya, pasrah. Artinya akan berbeda kalau liriknya ditambah dengan, "Yang penting kamu berusaha dulu supaya menjadi apa pun yang kamu mau." Nah, kalau begini, kita akhirnya berserah. Masa depan siapa yang tahu?! Selama kita sudah berusaha, ketetapannya tetaplah hak prerogatif Tuhan. Makanya, orang sukses banyak yang tetap bergantung pada Tuhan, mereka banyak berdoa, supaya usaha mereka membuahkan hasil yang mereka inginkan.
Ora et Labora! *judul blogpost kemarin! Hehehe...

No comments:

Post a Comment