Tuesday, March 25, 2014

Ora et Labora

Saya baru saja menamatkan buku Langkah Sejuta Suluh yang ditulis oleh Clara Ng. Buku ini merupakan sekuel dari Mimpi Sejuta Dolar. Ya, kedua buku itu bercerita tentang kisah nyata milyuder muda dari Indonesia, Merry Riana. Merry Riana bukanlah nama yang asing bagi saya. Sejak kemunculannya di talkshow Kick Andy, Merry Riana makin berkibar tidak hanya sebagai entrepreneur, tapi juga sebagai motivator. Saya tidak membaca buku Mimpi Sejuta Dolar. Kebetulan buku Langkah Sejuta Suluh ada di rumah, kakak saya yang membeli, saya pun langsung penasaran dengan isi buku sekuel ini. Tanpa membaca buku pertamanya, ternyata buku sekuel ini tetap bisa "berdiri sendiri".

Buku ini saya tamatkan dalam dua sesi baca. Setengah pertama saya baca pada sesi pertama, setengah terakhir saya baca pada sesi kedua. Dan, begitu saya selesai membaca akhir cerita, air mata saya menetes. Betapa perjuangan seorang perempuan muda, yang bahkan belum mencapai usia tiga puluh, telah berhasil menggapai satu mimpi besarnya, tidak hanya itu, tapi juga berhasil menjadi penerang bagi orang-orang di sekitarnya. Langkah Sejuta Suluh, mengisahkan langkah-langkah Merry Riana dari titik nol sampai menjadi "perempuan berpenghasilan 1 juta dolar pada usia 26 tahun". Dari seorang relawan organisasi yang sering mengadakan seminar-seminar motivasi dan sejenisnya, menjual tiket-tiket seminar, direkrut menjadi sales produk-produk keuangan, hingga meraih angka penjualan tertinggi di antara sales-sales lainnya, sampai kemudian, mendirikan agency sendiri, menjadi manajer, lalu direktur dan merekrut pemuda-pemudi untuk menjadi seperti dirinya; bermimpi besar dan berani memperjuangkan mimpi itu. Dalam setiap langkahnya, dalam setiap doanya, Merry Riana tidak memikirkan kepentingannya sendiri. Ia bekerja keras tidak hanya supaya mimpinya tercapai. Ia bekerja keras untuk membahagiakan orangtuanya. Dan, ketika ia lelah, cinta teruntuk keluarga yang mampu membuatnya bangkit kembali. Cinta dari kekasihnya pula yang kembali memberinya semangat berjuang. Cintanya kepada Tuhan juga yang selalu menguatkannya. Merry Riana adalah bukti hidup bahwa kerja keras dan doa adalah kunci keberhasilan. Ora et labora
Sudah setekun apa doamu?
Sudah sekeras apa kerjamu?
Orang sukses tidak hanya bekerja keras dalam meraih kesuksesan, tapi juga sangaaat bergantung pada Tuhan. Seorang arsitek internasional yang kini menjabat Walikota Bandung, Ridwan Kamil, adalah sosok yang ingat Tuhan. Saya ingat profil dirinya dalam acara Kick Andy. Seorang mahasiswa prestasi di fakultas saya dulu, adalah sosok yang juga tidak meninggalkan ibadah. Merry Riana menyadari kesuksesannya adalah berkat dari Tuhan. Banyak orang yang sukses, tapi berapa banyak yang tetap rendah hati dalam kesuksesan? Hanya mereka. Mereka yang bekerja keras, tapi tetap ingat Tuhan.

Tahu kenapa saya meneteskan air mata setelah membaca buku Langkah Sejuta Suluh?

Tak perlulah saya jawab.


No comments:

Post a Comment