Thursday, February 7, 2013

Miskom

Malam ini saya belajar hal yang sangat penting perihal KOMUNIKASI. Saya sendiri bukan tipe orang yang banyak omong--kecuali lewat tulisan, mungkin. Saya tidak begitu sering berkomunikasi dengan orang lain. Saya jarang bertegur sapa dan mengajak ngobrol terlebih dahulu. Orang lain pun cenderung menilai saya cuek, lebih parah dicap sombong. Tapi kalau sudah mengenal saya lebih dekat, saya tidak begitu, kok! *pembelaan! Hehehe...* Kasus malam ini telah mengingatkan saya tentang betapa pentingnya komunikasi. Tentu saja supaya kita tidak salah paham dan tidak serta merta menilai.

Namun, terlalu inisiatif berkomunikasi pun tampaknya malah menyebabkan hubungan yang baik menjadi kurang baik. Hmm, saya rasa saya memang salah. Saya dengar tentang A dari B kalau A begini ke C. Bukannya saya konfimasi dulu ke A, saya malah langsung tanyakan ke C. Akhirnya, jadi salah paham. Apa yang disampaikan A ke B belum tentu akhirnya menjadi sama dengan apa yang disampaikan ke saya. Mungkin sama, tetapi bisa jadi saya menangkap maksudnya berbeda. Sama saja jadinya. Bukan salah paham, tapi gagal paham. *apa bedanya? Hehehe...*

Akhirnya, saya belajar untuk menghargai pentingnya komunikasi. Tangkap dulu maksud yang sebenar-benarnya. Dan jangan pernah menilai kalau memang tak pernah bertanya dan berbicara. Setelah kasus malam ini, saya akan lebih sering bertanya, mencoba untuk menyapa dan mengajak ngobrol. Semoga, ya!

2 comments: