Wednesday, November 28, 2012

Kita Lihat Saja Nanti

"Gue kena batunya!"

Barangkali itu ungkapan yang tepat buat saya saat ini. Saat tahu ada Sayembara Menulis Novel Amore dari Gramedia, saya bersemangat mau ikutan. Berhubung, naskah lama saya yang gagal di lomba novel Qanita Mizan, bisa saya revisi sedikit dan kirim lagi ke Gramedia. Lalu, pikiran saya berubah, lantaran setelah melihat-lihat novel-novel di bawah bendera Amore. Kualitas bukunya kalah dari kualitas buku pada umumnya. Dari segi kertas, segi sampul, bahkan segi isi. Menurut saya, ya! Akhirnya, saya jadi merasa malas  ikutan sayembara dari Gramedia itu. Jadilah, saya berleha-leha merevisi naskah saya.

Nah, pada saat yang bersamaan, saya sedang mengikuti kelas jauh Gradien Writer Audition. Hasil akhir pembelajaran itu, saya mendapatkan kerangka novel yang lebih baik dari naskah pertama saya. Ceritanya memang berdasarkan naskah pertama. Iya, naskah yang gagal di Mizan itu. Iya, naskah yang mau saya revisi itu buat Gramedia. Kelas jauh Gradien kebetulan baru berakhir hari Minggu lalu. Dengan hasil akhir, saya mendapatkan kerangka novel yang lebih baik (menurut saya) dan tulisan bab pertama. Saya pikir hasil ini bila terus dilanjutkan menjadi naskah lengkap, akan menghasilkan naskah novel yang lebih baik daripada naskah pertama saya.

Naskah pertama saya tersebut belum saya revisi hingga kelas Gradien berakhir. Dan itu berarti, saya punya sisa waktu lima hari merevisinya. Karena deadline Gramedia adalah tanggal 1 Desember nanti. Sebagian diri saya masih berkeinginan mencoba sayembara itu. Walaupun sebagian diri lainnya pernah "males" sama buku-bukunya Amore. Hehehe...

Tolol itu adalah mengharapkan menyelesaikan satu naskah dalam EMPAT HARI. Iya, itulah yang saya targetkan sejak Senin lalu. Saya mulai menulis berdasarkan kerangka novel yang baru, bukannya merevisi naskah yang ada saja, yang mana naskah itu hanya perlu ditambahkan 25 halaman saja untuk mencapai persyaratan minimal. Dan, untuk menulis kembali itu, ternyata masih ada beberapa hal yang harus saya riset. Beberapa bagian masih bisa diambil dari naskah lama, tinggal copy paste dan revisi. Jadi, hingga malam ini, di hari ketiga, saya berada di posisi pertengahan Bab 4. Menurut kerangka novel tersebut, ada 16 Bab yang harus dikembangkan, belum termasuk Prolog dan Epilog. Total anggap 18 Bab.

Dan berapa sisa waktu saya untuk menyelesaikan sekitar 13 Bab supaya bisa mengikuti lomba Gramedia? SATU HARI LAGI saja. Hahaha....

Coba, ya, kalau saya kerjakan revisi naskah lama, mungkin saya masih bisa punya harapan besar naskah akan kelar dan bisa ikut sayembara Gramedia. Iniii... malah kepedean tingkat tinggi bisa kelarin naskah 18 bab dalam 4 hari?!! Ampuuun! Tapi, gimana, donk?! Saya juga nggak yakin, kalau tetap mengirim naskah lama, saya bisa menang. Nggak mau donk sekadar coba saja tanpa berkeyakinan akan menang?! Ya, kan?!

Jadi, ya, begitulah, saya kena batunya. Niat yang setengah-setengah. Ada rasa malas. Akhirnya, saya memang ketemu jalan buntu. Sepertinya saya harus merelakan tidak ikut sayembara Gramedia kali ini. Mungkin si naskah yang sedang saya kerjakan ini punya jalan lain yang lebih baik. Ya, kita lihat saja nanti. Saya akan tetap lanjut menuliskan. Saya rasa saya bisa menyelesaikan naskah berdasarkan kerangka novel yang baru sebelum tahun 2012 berakhir. Asalkan ditulis tiap hari.

Setelah itu? Ya, kita lihat saja nanti! Hahaha...

8 comments:

  1. hihihihihi...kalau udah setengah2 biasanya emang suka gk jadi vir...dan feeling pas last minute itu biasanya bener sih...biasanya yaa...wkwkwkwk
    udaah, kalo gk sreg sama yg gramed, mending garap serius naskah yg lg dikerjain itu, trus kirim reguler ke penerbit lain yg lebih sreg di hati....ataaau, simpen duluuu....masih ada lomba2 lain kan nanti2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih... niatnya gak pooollll.. :)) tenang aja uni Winda, plan A gagal, masih ada plan B to Z. ;)

      Delete
  2. masih ada bentang, sampai February deadline-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, itu salah satu plan B to Z. ;)

      Delete
  3. tetap semangat mbak siapa tahu next time lebih sukses

    ReplyDelete
  4. Hiii Veecla
    Semangat ya nulisnya ;)

    End Year akhirnya Nge-Trip kemana?

    Salam from Jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Wuri.. Terima kasih, ya.

      Pasti dari BPI, ya? Pertanyaannya itu lho.. :)) anyway, insyaAllah ke Dieng.

      Salam Indonesia! :)

      Delete