Friday, June 1, 2012

Tentang Perjalanan Sebuah Cerita

Ini hari kelima saya menulis sebuah draft novel. Saya mendokumentasikan perjalanan menulis ini di Tumblr saya, dengan judul Draft Journey. Ya, masih draft pertama dan perjalanan masih panjang. Draft ini saya kembangkan dari outline pilihan Bukune yang telah saya revisi. Ada 16 bab rancangan saya. Dan di hari kelima ini, saya baru menyelesaikan 3 bab pertama. See! Perjalanan masih panjang...


Saya belum menentukan deadline selesai draft ini. Inginnya, sih, secepatnya! Saya bertekad akan meluangkan waktu setiap hari untuk menulis, melanjutkan cerita yang lama-kelamaan menyita perhatian saya. Saya sudah menyukai apa yang saya tulis, ya, saya menyukai cerita ini, dan bukankah itu bagus--menulis apa yang saya suka. Saya berharap akan terus menyukai, atau mungkin mencintai, cerita ini hingga ia menemui ujungnya nanti. Terus bertahan dengan karakter-karakter yang saya ciptakan, berharap karakter-karakter itu betah tinggal bersama saya. 


Setiap selesai menulis, saya akan melaporkan progress halaman dan bab yang telah saya rampungkan. Dengan begitu, saya berharap saya selalu berhasrat untuk terus melanjutkannya. Saya merasa memikul tanggung jawab untuk terus membuat laporan di Tumblr saya hingga cerita ini selesai. Positifnya, saya mencatat apa-apa saja kemudahan yang saya dapat dalam menulis dan bagaimana saya mengatasi kesulitan ketika menulis. Itu akan menjadi catatan tersendiri bagi saya untuk perjalanan menulis selanjutnya. Jadi, saya benar-benar mengingingkan kata 'tamat' tertulis di akhir cerita ini. 

Dan bila ternyata perjalanan ini terlalu lama bagi pihak Bukune, dan Bukune pun setelah melihat hasil karya saya ternyata tak puas, saya tidak akan menyesal. Berarti ada pintu lain yang lebih baik yang akan membukakan diri untuk cerita saya. Tidak ada target Bukune harus menerbitkan cerita ini. Yang penting bagi saya, sebagai seorang penulis pemula, sebuah hasil karya yang 'jadi' adalah kepuasan batin. Saya tak akan berpikir macam-macam ke depannya bagaimana. Pokoknya, tugas saya hanya menulis. Menulis sampai tamat cerita. Dan saya akan menikmati perjalanan cerita ini.

Oh, ya, sebaiknya saya segera menentukan deadline!

2 comments:

  1. mantap.. semangat terus berkarya..semoga projek denga Bukune publishing lancar selalu,..

    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih.

      Tempat Makan Favorit saya di rumah. :)

      Delete