Monday, April 16, 2012

Winter Walk

Winter Walk lewat tagar #WinterWalk di twitter merupakan sebuah ajakan dari penulis Winter Dreams--Maggie Tiojakin--untuk menyimak lebih lanjut babak kehidupan seorang imigran Amerika, Nicky F Rompa. Para pembaca diajak berkumpul di Bundaran HI pukul 6-8 pagi. Hello? Sepagi itu? Ya, sepagi itu! Dan saya benar-benar niat mau datang ke acara itu. Saya penikmat perjalanan Nicky, saya menyukai karya Maggie, jadi kenapa tidak?! Jadilah, saya memantapkan diri pagi buta menuju Bundaran HI. Beruntung tempat tinggal saya tidak begitu jauh dari sana, sekitar 10 menit dengan mencegat taksi setelah berjalan beberapa meter--saya kepikiran untuk jalan kaki dari rumah ke Bundaran HI--saya tiba di tempat. Begitu ramai di sana dengan orang-orang yang jogging dan bersepeda. Sayangnya, hari itu bukan Car Free Day, hingga masih dilewati mobil pribadi dan kendaraan umum--termasuk taksi yang saya tumpangi, eh jadi untung juga ya bukan Car Free Day, hehehe...

Saya mengelilingi Bundaran HI itu satu kali putaran untuk mencari sosok Maggie. Saya hanya mengandalkan tampakan Maggie yang saya lihat di blognya. Saya rasa itu sudah cukup untuk bisa mengenalinya langsung. Dan pastilah akan ada semacam poster yang menandakan tempat berlangsungnya acara. It was just casual meeting. Pasti akan kesulitan mencarinya dalam kerumunan orang-orang. Saya terus menyalangkan mata di sekeliling bundaran itu. Tidak ketemu, lalu saya duduk di pelataran kolam, masih celingak-celinguk mencari sekumpulan Winter Walk. Tak lama kemudian, saya berjalan lagi mengelilingi bundaran, dari tempat saya duduk--tepat menghadap Jalan Thmarin--sampai 3/4 putaran saya melihat ke seberang jalan, tepat di trotoar di depan Kempinski Hotel. Ada 5-6 orang berkaos putih dengan cap-cap bibir merekah di kaos itu. Saya terus nyalangkan mata saya pada sosok perempuan berambut pendek, berkaca mata, memakai jaket, dan bertubuh "subur", saya pun yakin dialah Maggie. Saya segera menyeberang, dan mulailah perkenalan.


Saya senang sekali dengan sosok Maggie yang supel dan ramah. Pertama kali, ia menyuguhkan beberapa postcard dari Nicky F Rompa. Saya disuruh memilih satu. Ada 20 postcard yang akan disusun membentuk sebuah bab lanjutan dari Winter Dreams. Saya pun memilih postcard bergambar patung Liberty--I wish someday I could visit New York. Puzzle postcard tersebut akan dibacakan bersama pada acara diskusi buku Winter Dreams tanggal 26 April nanti di @ReadingRoom Jakarta.

Setelah itu, Maggie memberikan banyak masukan tentang kepenulisan dan situs gratis fiksilotus.com tempat awal mula saya kenal dengan penulis yang berdedikasi ini. Ia bahkan mengundang saya untuk mengikuti Lotus Creative Writing Class jilid 2. It's just a big chance for me! I was so glad that she offered me. Tapi, tentu saya tetap harus mendaftar seperti biasa--mengumpulkan sebuah cerpen untuk penyeleksian murid. Saya pun bilang padanya, saya telah gagal di seleksi pertama dulu. Dia cukup kaget, dan menanyakan judul cerpen yang saya kirim. Well, saya sangat mensyukuri niat sungguhan saya untuk datang ke acara tersebut, dan mendapat pelajaran dan cerita menarik dari penulis yang saya kagumi, Maggie Tiojakin. Oh ya, saya juga foto dengannya, lho, dengan memegang novel Winter Walk milik saya yang telah ia tandatangani.

Saya pun beruntung bisa mendapatkan tiga buku gratis di acara Winter Walk. Ia menawarkan sebuah novel grafis "The Quitter" yang katanya bagus, saya pun memilih buku itu walau tidak begitu suka baca komik. Lalu, novel fantasi "Lee Raven Boy Thief" karena saya memang ingin lagi nulis cerita fantasi jadi butuh referensi lebih. Dan tentunya "Homecoming" buku pertama yang diterbitkan Maggie. Dari dailysilvia.com sendiri--sponsor acara Winter Walk--memberikan beberapa suvenir. 

Setelah pertemuan itu, pukul 8.30 saya pun permisi pamit. Maggie dan timnya masih di sana menyambut tamu Winter Walk lainnya. It was fun! Thank you Maggie and friends.


PS: Berhubung koneksi internet saya lagi jelek, foto-foto akan saya upload kemudian hari. *kalau ingat sih* :)

No comments:

Post a Comment