Monday, April 23, 2012

Hari Buku Dunia 2012

23 April adalah hari buku semesta, seluruh dunia merayakannya, memberi selamat dan sanjungan kepada para pahlawan buku; penulis, editor, penerbit, serta tentunya pembaca buku itu sendiri, bahkan teruntuk guru TK/SD yang telah mengajarkan membaca pada kita yang pernah menginjak masa kanak-kanak. Di sini, saya tak akan bercerita panjang lebar tentang sejarah Hari Buku Dunia (World Book Day). Sepintas saja--karena anda bisa googling sendiri--bahwa ditetapkannya tanggal 23 April sebagai Hari Buku Dunia karena merupakan tanggal bersejarah meninggalnya sastrawan dunia Shakespear dan beberapa penulis besar lainnya, serta hari kelahiran Vladimir Nobokov (Penulis Rusia dengan karya terkenal Lolita) dan juga beberapa penulis besar lainnya--saya hanya mencatat nama dua penulis itu karena memang paling mudah diingat. Hehehe...

Jadi, apa semestinya yang menjadi tujuan hari buku ini? Sebagai penghormatan kepada para penulis? Atau sebagai peringatan betapa pentingnya membaca buku? Apapun, mungkin maknanya akan berbeda bagi tiap orang yang merayakannya. Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah membaca setidaknya satu buku hari ini? Jika belum, ayo cepat ambil satu buku yang anda punya/pinjam, dan segera tamatkan malam ini juga! Hehehe... Yah, memang tak mesti begitu, sih! Saya sendiri menghabiskan waktu sore saya dengan menamatkan buku kumcer Homecoming karya Maggie Tiojakin. Saya memberi 4 dari 5 bintang untuk karya tersebut. Saya juga menuliskan sedikit reviewnya di akun Goodreads saya. Yah, lumayan saya bisa merayakannya dengan sebuah buku bagus.


Semestinya tidak hari ini saja kita membaca buku. Semestinya tiap hari kita membaca buku. Apa saja! Tergantung selera! Karena tiap buku memberi pelajaran tersendiri. Masing-masing pembaca punya pemahaman yang berbeda untuk sebuah buku. Apalagi buku fiksi, spektrum maknanya bisa sangat lebar. Kita juga sudah akrab dengan adagium "Buku adalah jendela dunia". Lewat jendela (buku) kita melihat dengan leluasa pemandangan (pemikiran) di luar rumah kita (kepala). Membaca buku setiap hari tentu akan meluaskan cakrawala kita tentang dunia. Tapi, kok masih saja ya ada alasan untuk tidak bermesraan dengan buku? Atau saya saja yang begitu? Hehehe... Yuk, mari galakkan membaca buku setiap hari minimal satu jam! 

Selain hari buku dunia, tanggal 23 April juga hari yang spesial bagi saya karena hari untuk mengucapkan selamat ulang tahun untuk Pamski pacar saya. Hehehe.. Jadi... 

Selamat Hari Buku Dunia dan Selamat Ulang Tahun Sayangku Pamski! 

2 comments:

  1. "iqra'bimirabbikalladzi khalaq" melaui baca, terkupas semua cipta... selamat hari buku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iqra'! Bacalah! Firman Allah swt yang pertama yang diwahyukan kepada Muhammad saw. Perintah pertama dari Tuhan, membaca! Yuk, baca!

      Delete