Saturday, January 7, 2012

Hemingway: On Writing


Ernest Hemingway adalah seorang sastrawan legendaris yang pernah memenangkan Hadiah Nobel Sastra dengan karyanya The Oldman and the Sea. Sebagai seorang penulis, Hemingway terkenal dengan teknik bercerita yang efektif serta permainan karakter yang menarik. Di bawah ini ada beberapa “cuplikan” tips dan nasihat yang diambil dari buku Hemingway: On Writing. Selamat menikmati!

Typewriting

______________________

“Semua buku berkualitas itu memiliki sifat yang sama: setelah Anda selesai membacanya, maka Anda akan merasa seolah semua yang terjadi di dalam buku itu telah terjadi pada Anda; dan semua pengalaman yang tertera di dalamnya menjadi pengalaman Anda juga—termasuk yang baik dan buruk; kegirangan, penyesalan dan kesedihan; serta orang-orang, tempat dan cuaca disana.”
________________

“Tulisan yang berkualitas akan selalu membuat Anda bertanya-tanya tentang proses kreatifnya. Tak peduli seberapa sering Anda membaca tulisan itu, Anda takkan pernah menemukan jawabannya. Hal itu dikarenakan semua tulisan yang berkualitas selalu mengandung misteri; dan misteri itu takkan pernah bisa dipecahkan. Misteri itu akan terus berlanjut. Setiap kali Anda membaca tulisan itu, Anda akan selalu melihat atau mempelajari hal-hal baru yang tidak Anda temui sebelumnya.”
______________

“Berkah paling penting bagi seorang penulis adalah indera pencium kebohongan, kemunafikan serta kepura-puraan. Ini adalah radar bagi si penulis; dan semua penulis-penulis hebat dunia memilikinya.”
______________

“Bagian terbaik dari sebuah buku biasanya berasal dari sesuatu yang tak sengaja didengar oleh si penulis atau kehancuran dari seluruh hidup si penulis—dan keduanya sama-sama efektif.”
_______________

“Hal tersulit yang harus dilakukan oleh seorang penulis adalah menuliskan prosa tentang manusia dengan sejujur-jujurnya. Pertama, kalian harus tahu subyek yang hendak diceritakan; lalu kalian harus tahu caranya menulis. Dua-duanya butuh latihan seumur hidup.”
____________________

“Semua penulis amatir selalu jatuh cinta pada kisah-kisah epik.”


Sumber: Fiksi Lotus
2011 © Fiksi Lotus dan Ernest Hemingway. 

No comments:

Post a Comment