Friday, November 18, 2011

Tugas Terakhir

Dua minggu terakhir belajar menulis cerpen online di Plotpoint bersama Eka Kurniawan, kami para murid sepertinya sama-sama diserang virus "sibuk" atau "sok-sibuk"? Hehehe... Tak seorang pun yang mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai deadline. Semuanya molooorrr! Tugas dua minggu terakhir itu adalah tugas ke-4 dimana kami ditugaskan menulis draft cerpen yang dikembangkan dari tugas ke-3 ditambah dengan dua soal tambahan, lalu the very last adalah tugas ke-5 yakni editing. Deadline lewat dan hari pemberian modul mendekat, tetap saja tak satupun dari 7 murid yang mengumpulkan tugas. Saya sebenarnya sudah mewanti-wanti diri saya untuk mengerjakan tugas di kala senggang akhir pekan yang ternyata dipenuhi banyak godaan jalan-jalan. Akhirnya, tugas yang saya kerjakan hanya soal-soal mudah, sedangkan tugas utama menulis draft cerpen tak selesai. Hari ketika seharusnya modul selanjutnya diberikan ke kami pun terlewati tanpa seorang pun yang menerima modul. Sungguh gawat keterlambatan kali ini! Padahal kami selalu diingatkan oleh moderator dan guru untuk segera mengumpulkan tugas. Dengan tekad bulat, saya pun mulai menulis tugas malamnya hingga sampai jam 2 dini hari. Alhamdulillah, selesai! Saya jadi yang pertama mengumpulkan tugas ke-4 itu. Yeay! Saya pun menjadi murid pertama yang menerima modul ke-5. Ihiy!


Nah, kemarin adalah deadline pengumpulan tugas ke-5. Sebagian teman-teman yang lain, belum juga mengumpulkan tugas utama dari tugas ke-4. Mungkin mereka masih berjibaku dengan penulisan draft cerpen mereka, seperti saya yang sebentar lagi di malam pertama akhir pekan ini, akan berjibaku pula dengan tugas editing, tugas ke-5, tugas terakhir dari belajar menulis cerpen di Plotpoint. Semoga segera selesai!

Setelah tugas editing ini dikumpulkan, Eka Kurniawan sang guru akan menjadi editor cerpen tersebut. Agak deg-degan juga saat cerpen yang saya tulis dinilai dan dikritisi oleh salah seorang cerpenis berkualitas di nusantara ini. Untuk penilaian keseluruhan proses belajar, saya sendiri belum tahu bagaimana. Ya, lihat saja nanti setelah semuanya selesai.

Semoga apa yang telah saya pelajari dari kelas online ini tak saya lupakan dan bisa saya aplikasikan dalam kegiatan menulis saya ke depannya. Kelas ini walau hanya berlangsung di jagad maya, tetap berkesan bagi saya; bisa berkenalan dengan teman-teman sesama suka menulis, dengan seorang cerpenis ulung, dengan Kak Ame sang moderator. Semoga hubungan yang telah terjalin bisa bertahan, bahkan berlanjut di darat.

Baiklah, saatnya saya mengerjakan tugas terakhir. I wish me luck! Hehehe...

5 comments:

  1. kebiasaan pelajar kalo tugas ditunda2 gara2 maen ya hehehehe

    ReplyDelete
  2. Hahaha.. iya kyaknya gitu.. tp emg lagi sibuk sama kerjaan lain sih.. *tetep cari alasan*

    ReplyDelete
  3. hahahaha... sampe ditulis di blog segala ya :) *termasuk salah satu student yg molor. hehehe

    ReplyDelete
  4. @Mikayla: Biar jadi kisah klasik utk masa depan, mbak Indri ;)

    ReplyDelete
  5. Aku sudah submit!! :))
    degdegan juga ya nungguin komen dari Pak guru. hehehe

    ReplyDelete